Menurut pendapat Prof. Dr. S. Prajudi Atmosudirjo, S.H. administrasi adalah proses dan tata cara kerja yang terdapat pada setiap usaha, baik usaha kenegaraan maupun swasta, usaha sipil maupun militer, atau usaha besar maupun kecil
Pencatatan semua kegiatan usaha yang diperlukan bagi kelancaran dan pengelolaan perusahaan merupakan tugas administrasi. tugas tersebut meliputi pencatatan data data transaksi bisnis, keuangan, produksi, persediaan produksi, dll. Adapun maksud dan tujuan dari adanya administrasi adalah agar wirausahawan dapat
a. Memonitor kegiatan administrasi perusahaannya
b. Mengevaluasi kegiatan kegiatan pengorganisasian perusahaannya
c. Menyusun program pengembangan usaha dan kegiatan pengorganisasian perusahaannya
d. Mengamankan kegiatan kegiatan usaha dan organisasi perusahaannya
Perencanaan administrasi usaha kerajinan pada dasarnya terdiri dari:
a).Perizinan usaha
Diatur oleh undang-undang yaitu melalui peraturan daerah dan peraturan dari Departemen perdagangan serta dapat teman atau instansi yang terkait dalam bidang usaha yang dijalankan
b).Surat menyurat
Kegiatan surat-menyurat adalah salah satu kegiatan dalam bentuk hubungan dengan pihak lain,seperti pemasok dan pelanggan. Jenis surat yang digunakan dalam kegiatan usaha disebut juga dengan surat niaga
c).Pencatatan transaksi barang/jasa
Secara umum, bukti transaksi perusahaan terbagi menjadi dua yaitu bukti transaksi intern dan bukti transaksi ekstern
1.Bukti transaksi intern
Bukti transaksi yang dibuat oleh dan untuk intern perusahaan, contohnya bukti kas masuk dan bukti kas keluar
2.Bukti transaksi ektern
Bukti transaksi yang berhubungan dengan pihak luar, contohnya faktur, kuitansi nota, nota debit, nota kredit, dan cek
d).Pencatatan transaksi keuangan
Disusun secara berkala berdasarkan standar akuntansi keuangan tahun 2007, laporan keuangan terdiri dari 4 item yaitu laporan laba rugi, laporan perubahan modal, neraca, laporan arus kas
e).Pajak
Beberapa hal yang penting berkaitan dengan aspek pemasaran sebagai berikut
a. Memahami Seni menjual
b. Menetapkan harga jual
c. Menganalisis kepuasan pelanggan
d. Promosi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar